Uji Sertifikasi Bank Sampah Desa Tiudan

Sampah merupakan suatu permasalahan yang hingga saat ini terus dihadapi oleh masyarakat, baik dilingkungan perdesaan maupun perkotaan. Dimana sampah merupakan salah satu sumber dari munculnya berbagai macam penyakit yang mana baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan masyarakat. Salah satu permasalahannya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan hidup bersih dan sehat dimana salah satu caranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Berdasarkan hal tersebut, pada tahun 2017 beberapa warga yang tepatnya berada di Dusun Kleponan Desa Tiudan mempunyai inisiatif untuk mendirikan bank sampah dengan berdasarkan sistem swadaya dan swakelola yang mana tujuan utamanya adalah memberikan kesadaran terutama kepada masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan dengan cara membiasakan memilih dan memilih sampah sesuai dengan jenisnya untuk kemudian dikumpulkan dan dijual di Bank Sampah tersebut. Hingga kurun waktu 3 tahun ini telah terbukti bahwa keberadaan Bank Sampah sangat dirasakan oleh warga masyarakat sekitar.

 

Salah satu hasil dari adanya Bank Sampah tersebut adalah keuntungan dari kegiatan ini dapat disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk Simpan Pinjam kepada Anggota, yang mana setiap 6 bulan sekali juga diadakan lokakarya keluar daerah untuk menambah pengalaman dan pengetahuan anggotanya. Dan akhir-akhir ini Bank Sampah tersebut mendapat kunjungan dari tingkat provinsi untuk uji sertifikasi kelayakan. Dan semoga kedepannya Bank Sampah ini dapat terus berkembang dan bermanfaat.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?